Tikbalang, Kuda Iblis dari Filipina

Tikbalang, Kuda Iblis dari Filipina

oleh: agus tw

Makhluk Mitologi Tikbalang berasal dari negara Filipina. Keberadaan makhluk tersebut sangatlah pupuler di tengah masyarakatnya, konon Tikbalang hidup di wilayah pegunungan dan hutan.

Berdasarkan cerita ,  nama Tikbalang memiliki makna atau arti “kuda Iblis”. Sementara makhluk tersebut setiap kemunculannya akan menampilkan wujudnya yang tinggi dan bertulang yang hampir menyerupai layaknya kuda humanoid.

Sementara bagian kepalanya atas akan ditutup oleh rambutnya yang gelap dan halus, sementara bulunya memiliki warna yang aagak terang.

Menurut cerita di masyarakat yang berkembang, Tikbalang  juga dapat mengubah wujudnya untuk menjadi bentuk manusia, bahkan dia juga bisa merubah dirinya tidak nampak di mata manusia. Sungguh makhluk yang memiliki keunikan tersendiri.

Konon, Tikbalang sering dikatakan suka membuat masyarakat atau wisatawan takut dan bahkan suka menyesatkan masyarakat yang sedang melakukan perjalanan ke hutan atau di wilayah pegunungan.

Dari Mitos terkenal Tagalok menyebutkan bahwa Tikbalang awalnya berasal dari seorang penjaga keamanan dari kerajaan mereka. Penjaga tersebut dahulunya memiliki tugas untuk menjaga sebuah pohon besar. Tikbalang akan mencari  seseorang yang berani masuk ke dalam kerajaan kekuasaan mereka yang  tanpa izin.

Supaya dalam perjalanan tidak sampai disesatkan oleh makhluk mitologi khas Filipina tersebut, konon orang-orang atau wisatawan yang ingin berkunjung ke wilayah hutan dan pegunungan disarankan untuk meminta izin dengan cara mengeluarkan suara yang keras untuk lewat.

Selain hal tersebut, ketika memasuki areal pegunungan  atau hutan disarankan untuk tidak terlalu mengeluarkan suara yang berlebihan agar supata tidak mengganggu dan menyinggung mereka.

No Responses

Leave a Reply