Saranjana, Kota Gaib yang Modern di Kalimantan

Saranjana, Kota Gaib yang Modern di Kalimantan

Bagi masyarakat Kalimantan, Kota Saranjana juga dikenal dengan sebutan Kota gaib, sesuai namanya Kota ini pun mengandung banyak kisah-kisah yang misterius. Sekilas Kota Saranjana tak lebihnya adalah sebuah pulau kecil yang sangat indah, bahkan pulau ini bisa menjadi destinasi yang mengagumkan karena menyajika keindahan pantai dan gunung dalam satu pulau. Namun bagi masyarakat Kotabaru, Kalimantan Selatan pulau tersebut dipercaya sebagau pulau yang sangat angker. Konon Kota tersebut hanya di huni oleh bangsa jin muslim dan tidak ada satu manusia pun yang hidup disana. Seolah menambah kesan misteri, masyarakat Kotabaru pun tidak banyak yang berani membeberkan mengenai kisah Kota Saranjana yang dikenal dengan Kota gaib ini.

Masyarakat Kotabaru pun hanya mengatakan jika Kota Saranjana memang benar-benar ada, hanya orang-orang yang berkemampuan lebih yang bisa melihat kehidupan di Kota tersebut atau hanya orang-orang terpilih yang konon bisa memasuki pulau. Pulau ini memang mengandung banyak misteri, pasalnya menurut penuturan beberapa wisatawan yang mengaku jika dari kejauhan mereka seolah melihat adanya aktivitas layaknya aktivitas manusia yang lengkap dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Namun saat mulai mendekat semua pandangannya mulai hilang dan yang ada hanyalah sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi berbatasan langsung dengan lautan. Kemisteriusan pulau ini pun semakin menjadi-jadi, pasalnya pulau ini pun tidak terdapat dalam peta Indonesia.

Ada banyak kisah misteri yang menyelimuti pulau ini, salah satu kisah yang sangat terkenal adalah cerita misteri mengenai warga Kota Saranjana yang memesan langsung sebuah alat berat dari daerah Jakarta. Konon cerita itu terjadi sekita tahun 80-an yang lalu. Kala itu pemerintah Kotabaru di buat pusing setelah beberapa pengusaha datang dari Jakarta yang hendak mengantarkan alat berat ke Kota Saranjana, bahkan pembeliannya pun konon dibeli lunas oleh warga Saranjana. Berawal dari kisah tersebut, sampai saat ini kisah-kisah pembeli misterius dari Kota Saranjana pun kabarnya masih terus terjadi.

Selain kisah pembeli misterius, kisah misteri yang juga cukup dikenal oleh masyarakat Kotabaru adalah misteri hilangnya salah satu warga Kotabaru yang konon sengaja di ambil oleh warga Saranjana untuk dijadikan seorang Imam disana. Selain itu ada juga kisah hilangnya seorang pelayan di tengah laut yang konon diselamatkan oleh warga Saranjana, kisah tersebut pun diperkuat oleh salah seorang muslimah yang mengaku jika nelayan yang hilang tersebut sudah hidup damai di Kota Saranjana.

Percaya atau tidak, bagi warga Kotabaru puau tersebut memang benar adanya. Bagi beberapa kalangan ada yang percaya jika disana dihuni oleh makhluk sebangsa jin, tapi ada juga yang percaya jika di pulau misterius itu sebenarnya di huni oleh manusia tapi mereka tidak terlihat atau yang juga dikenal dengan istilah halimun.

Begitu banyak kisah yang dikabarkan dari mereka yang sudah pernah masuk ke dalam kota gaib tersebut. Menurut mereka situasi di dalam kota sangatlah maju pembangunannya. Rumah-rumahnya dibangun dengan bagus dan pagar yang megah.

Para warganya terdiri dari pria gagah dan wanita rupawan. Sementara sistem pemerintahannya adalah kerajaan dengan penduduknya beragama Islam mendominasi.

Para warga Saranjana berkomunikasi dengan logat Banjar dan tutur katanya santun. Tak heran bagi siapa saja yang pernah terdampar akan mengakui keramah tamahan penduduk Saranjana.

No Responses

Leave a Reply