Bejibun Kisah Gaib di Gunung Slamet.

Bejibun Kisah Gaib di Gunung Slamet.

penulis: Agus TW

Seperti dengan gunung-gunung yang lain di Indonesia, Gunung Slamet yang terletak di wilayah Jawa Tengah banyak menyimpan misteri yang belum semua terungkap. Bahkan sampai sekarang misteri yang menyelimuti gunung angker ini masih banyak di percaya oleh masyarakat sekitar maupun mendatang. Menurut cerita yang beredar, konon, gunung yang masih aktif ini memiliki sejumlah penghuni gaib yang banyak menjadi sumber cerita di dalamnya. Untuk jelasnya simak uraian cerita berikut ini,

Bila kita berkunjung dan mendakinya, di puncaknya kita akan mendapati sebuah tugu peringatan bagi seorang pendaki Gunung Slamet yang meninggal akibat terjatuh dari jurang. Sungguh tragis peristiwa yang dialami pendaki tersebut kala itu.

Di setiap jengkal dan jalur pendakian yang ada di gunung Slamet banyak diselimuti dengan berbagai macam cerita-cerita yang berbau mistis. Seperti halnya dengan jalur yang disebut Blambangan, yang diyakini sebagai gerbangnya pintu masuk ke wilayah kekuasaan kerajaan mahkluk gaib yang berada di Gunung Slamet. Di lokasi jalur Blambangan ini terdapat dua buah pohon besar yang menurut si empunya cerita, di sinilah letak posisi pintu masuk menuju kerajaan gaib tersebut.

Di Gunung Slamet juga terdapat beberapa pos, salah satunya adalah yang di kenal dengan nama Samarantau, yang berasal dari kata Samar dan Hantu. Konon, pos inilah yang dikenal paling angker jika saat menggunakan jalur Blambangan. Oleh sebab itu jika Anda menggunakan jalur tersebut, di sarankan jangan mendirikan tenda di lokasi tersebut, sebab dijamin Anda tidak akan merasa nyaman. Sebab menurut cerita, ada saja gangguan-gangguan yang disebabkan oleh para penghuni gaibnya. Dengan adanya cerita yang berkembang tesebut, banyak para pendaki yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk beristirahat malam di pos Samarantau.

Cerita Makhluk Kerdil

Selain cerita serem yang terdapat di pos Samarantu, nampaknya jalur pendakian lain di Gunung Slamet juga ada yang berbau angker, yakni dipos Guci. Bahkan menurut cerita, misteri yang menyelimuti pos tersebut juga tidak kalah serunya dengan pos pos lainnya. Berdasarkan cerita yang berkembang, di jalur pos ini terdapat penghuni gaib yang berbentuk mahkluk kerdil. Konon, mahkluk kerdil tersebut dulunya merupakan makhluk yang tersesat ketika sedang mendaki gunung Slamet dan makhluk kerdil tersebut tidak bisa kembali lagi turun ke bawah.

Makhluk kerdil penghuni gunung Slamet ini dahulu bertahan hidup hanya dengan memakan dedaunan seperti apa yang dilakukan oleh binatang. Tetapi, seiring dengan perjalanan waktu akhirnya mahkluk kerdil ini telah kehilangan jati dirinya karena lama hidup layaknya binatang. Konon, menurut cerita yang berkembang, makhluk kerdil ini akan bersembunyi rapat apabila menjumpai dan mendapati ada pendaki karena takut.

Kendati makhluk kerdil tersebut takut dengan keberadaan pendaki, tetapi jika Anda mendirikan tenda dan beristirahat di sekitar Plawangan mereka akan menyatroni kita, bahkan kadang makhluk kerdil ini berani mencuri makanan bekal Anda. Dengan hal ini maka banyak pendaki yang berasa heran dan bingung, mereka mengaku telah kehilangan bekal makanannya saat beristirahat di Plawangan.

Jika Anda kebetulan sedang beristirahat di jalur Plawangan, sebaiknya wajib berhati-hati, jaga selalu bekal Anda agar tidak tercuri, dan jangan takut, bab apabila kita tidak mengganggu, para makhluk kerdil tersebut juga tidak mau mengganggu Anda.

Pada dasarnya penghuni gaib yang berada di Gunung Slamet tidak akan mengganggu jika kita juga tahu diri dan bersikap sopan. Selain itu Anda juga tidak dikenankan untuk melakukan hal-hal yang sifatnya tidak baik selama berada di atas Gunung Slamet. Ibarat sebagai tamu kita harus menghormati si empunya rumah agar mereka juga menghargai dan menghormati keberadaan kita.

No Responses

Leave a Reply