Awas, Ada Hantu Kisut di Pacitan

Awas, Ada Hantu Kisut di Pacitan

By: Agus TW

Kisah Dunia misteri di Indonesia sangatlah banyak sekali. Terutama kisah legenda yang beraroma mistis.  Bahkan, tak dipungkiri, di setiap daerah memiliki kisah legenda mistis yang berbeda-beda. Seperti  halnya dengan di daerah Pacitan, Jawa Timr. Sebagian masyarakatnya tentunya tidak asing dengan aksi Kisut,  sang hantu berujud bayangan hitam kecil dan sangat menyeramkan . Konon, hantu Kisut ini sering jahil dan mengganggu pendatang baru di wilayah kekuasaannya.

Kisut, sang hantu bayangan tersebut sangat ditakuti oleh masyarakat  setempat, lantaran hantu  ini acap mengganggu masyarakat sekitar. Sosok hantu bayangan si Kisut acap terlihat jelas di jalanan yang sepi, pohon-pohon, hutan atau daerah yang di anggap sepi lainnya. Kisut suka sekali mengikuti seseorang, terutama para pendatang yang berasal dari luar kota. Apalagi pendatang tersebut memiliki niat buruk di wilayah Pacitan, pasti akan diganggu dan diikutinya. Ia akan membuat pendatang tersebut tersesat dan susah untuk menemukan jalan pulang kembali.

Sosok Kisut, hantu berujud bayangan yang menyeramkan ini memang masih menjadi cerita misteri di wilayah pacitan, hingga belum terungkap jelas, dari mana asalnya dan siapa sebenarnya. Kendati demikian, sejak zaman dahulu hingga sekarang , masyarakat Pacitan sangat mempercayai  akan keberadaan hantu yang berujud bayangan tersebut.

Menurut cerita masyarakat setempat, hantu Kisut dipercaya bisa merubah wujudnya sesuai dengan orang yang diikutinya. Misalnya, saat Anda berkunjung ke wilayah pacitan, tiba-tiba Anda merasakan ada sosok bayangan yang sedang mengikuti. Kemungkinan  itu bukanlah bayangan Anda sendiri, akan tetapi bayangan sosok hantu yang menyeramkan sedang mengikuti Anda. Apalagi, jika Anda kebetulan sedang berada di tempat yang berlokasi sepi dan menyeramkan, seperti misalnya di tengah hutan, puncak gunung, pantai yang sepi, jalanan sepi dan tempat sepi lainnya. Waspadalah dan berhati -hatilah sebab kemungkinan besar, sosok Kisut yang akan Anda lihat dan jumpai.  

Hantu berujud bayangan khas Pacitan tersebut, memang tidak akan membunuh atau melukai manusia.  Kisut hanya akan membuat Anda tersesat dan tidak bisa kembali pulang. Apalagi saat pikiran anda kosong dan terganggu, kemungkinan besar Anda akan dibuat tersesat dan tak dipungkiri bisa tersesat ke alam lain, dan sulit untuk kembali lagi ke alam nyata. Disarankan, apabila Anda datang ke Pacitan dan berada di wilayah yang dianggap sepi, banyaklah berdoa. Konon, sudah banyak pendatang yang di ganggu dan disesatkan oleh ulah sang Kisut, hantu bayangan hitam kecil tersebut.

Apabila Anda tiba-tiba merasa terganggu dan ada bayangan yang mengikuti, lebih baik perbanyak doa dan jangan pernah pikiran Anda kosong. Segera carilah lokasi yang ramai dan banyak cahaya. Hal ini nantinya akan membuat bayangan hitam akan segera menghilang. Selain itu Anda janganlah menengok ke belakang, tetaplah jalan lurus ke depan dan selalu berdoa, memohon perlindungan Allah SWT. Dengan  cara begitu diyakini Anda akan terlepas dari gangguan hantu Kisut yang berujug bayangan hitam dan menyeramkan.

No Responses

Leave a Reply